PEMANDIAN SENDANG SENJOYO
 Pemandian Senjoyo terletak di jalan utama yang menghubungkan antara Boyolali-Semarang. Nama pemandian ini adalah Sendang Senjoyo. Pemandian yang bentuknya lebih menyerupai rawa. Pada pemandian ini terdapat batu berelief yang tersebar di beberapa sudut di pemandian ini. Pemandian ini juga dipercaya sebagai salah satu peninggalan Dinasti Syailendra.
Pemandian Senjoyo ini berada di Dusun Jubug, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran. Di lokasi pemandian ini ada sekitar tujuh sendang yang menjadi penyangga utama dari Sendang Senjoyo.
Sendang yang berada di rimbunan pepohonan tua dan berukuran besar ini konon punya sejarah kuno.
Masuk ke tempat wisata ini hanya bayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 tiket mobil. Lahan parkir luas. Akses menuju Sendang Senjoyo dari jalan raya Samarang-Salatiga beraspal sekitar 2 Km. Wisata alam ini dikelola oleh swadaya masyarakat

Tempat wisata sendang senjoyo ini memiliki pemandangan yang sangat sejuk dan juga indah, air disendang ini sangatlah jernih. Saking jernihnyadasar sendang tampak jelas dari permukaan. Ada salah satu yang menarik dari sendang ini yaitu didalam pemandian terdapat banyak sekali ikan koi yang indang sehingga menambah sensasi kita ketika mandi didalamnya. Pengunjung juga dapat memberi makan ikan langsung dikolam
Sendang Senjoyo berada di dalam lokasi pemandian. Jika dilihat wujudnya sendang senjoyo ini mirip dengan kolam pemandian kecil. Jika dilihat dengan lebih teliti ada yang tidak biasa dengan sendang Senjoyo ini.
Sejumlah sisi yang ada pada sendang ini berhiaskan batu andesit dengan beragam relief. Ini menunjukkan bahwa sendang ini bukanlah sendang yang dibuat pada era saat ini.
Tempat ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci baju, mandi dsb. Banyak wisatawan yang berkunjung disini untuk menikmati pemandangan ditempat ini, karena tempat ini memiliki tempat yang indah sekali dan terbuka.




BAKWAN JEMBAK
Foto : @bangdidit



Nama makanan bakwan pastilah tidak asing bagi pecinta gorengan. Karena bakwan merupakan salah satu primadona bagi penikmat gorengan. Bakwan merupakan makanan yang menyehatkan. Karena biasanya bakwan terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan tepung terigu dan beberapa bumbu. Namun di Pemandian Senjoyo, Tengaran, Kabupaten Semarang ini memiliki khas bakwan yang berbeda yaitu BAKWAN JEMBAK

Untuk bakwan jembak ini bahan dasarnya daun jembak, ada juga yang menyebut daun kenci atau sering disebut selada air. Jembak atau kenci ini biasanya tumbuh subur diperairan yang airnya bening. Jembak atau daun kenci inilah yang dijadikan bahan utama membuat bakwan jembak.

Warga Tegalwaton, Kecamatan Tengaran ini menuturkan, di Kompleks Pemandian Senjoyo yang berjualan bakwan jembak ada tiga orang. Mereka membuka warung di sekitar pemandian tersebut. Kebanyakan orang membeli bakwan jembak ini setelah berenang maupun mandi, kemudian sambil menikmati minuman dan makan bakwan jembak yang masih hangat.

Adapun soal rasa, selain enak dan gurih juga terasa krenyes serat daun jembaknya. Bahkan pembeli pun bisa melihat secara langsung proses mengorengnya memakai kayu bakar di tungku.

Rasa gurih yang khas dari bakwan, dapat membuat pecinta gorengan sulit untuk berhenti saat menikmati makanan ini. Apalagi jika dinikmati saat masih hangat. Rasa nikmat bakwan akan bertambah jika dinikmati dengan lalap cabai hijau dan secangkir kopi atau teh hangat. 

Selain memiliki rasa yang gurih salah satu penyebab bakwan menjadi primadona karena harga bakwan yang sangat bersahabat. Yaitu dengan uang sebesar Rp 1000, 00 kita dapat merasakan nikmatnya bakwan.

Jika anda sedang berwisata di Sendang Senjoyo janganlah lupa untuk mencoba bakwan jembak yang akan menambah sensasi lidah kita yang pecinta gorengan. Kita akan mudah sekali menemukan penjual bakwan di daerah Senjoyo dan Kita dapat meikmati pemandangan indah di Senjoyo sambil menikmati lezatnya bakwan jembak. 

Di Senjoyo ini kita dapat melihat langsung tempat sayur jembak tumbuh. Karena di Senjoyo sayur jembak dapat tumbuh dengan subur. Para warga setempat memanfaatkan sayur jembak menjadi makanan yang nikmat yaitu bakwan jembak. Karena banyak sekali penikmat bakwan jembak yang menyukai rasa bakwan ini. Hingga membuat banyak sekali warga yang menjajakan bakwan jembak.




TELUR GULUNG

Siapa yang tak kangen jajanan ini? Telur digoreng dengan minyak panas dan digulung ini mengingatkan pada jajanan sekolah dulu. Apalagi disantap dengan saus sambal, makin mantap.
Jajanan tempo dulu ini selain lezat dan mengandung zat gizi juga sangat lah murah. Telur gulung ini dapat kita nikmati dengan 1000/ gulung.

Tak hanya praktis, telur juga terkenal dengan kandungan zat gizinya. Dalam satu butir telur mengandung protein, kolin serta vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh.

Untuk pembuatan telur gulung, telur ayam dikocok dengan tambahan bumbu seperti garam dan juga merica kemudian dituang dalam minyak goreng dengan menggunakan sendok dan langsung digulung dengan tusukan lidi atau bambu.

Telurnya dikocok hingga berbuih dan dituang diatas minyak dan langsung digulung. Minyaknya juga jangan terlalu panas, kalo kepanasan susah digulung nanti.
Sedangkan untuk sosis gulung, dibuat dengan cara sosis di goreng kemudian diberi sedikit telur dan digulung. Sedangkan telur dadar mini menggunakan cetakan bulat kecil yang digunakan untuk memasak telur.

Telurnya lembut dan beraroma gurih. Jika biasanya telur disajikan dengan saus merah, di sini telur gulungnya disajikan dengan saus asam manis yang berwarna oranye muda. Sayangnya, sambal asam manisnya terlalu cair sehingga kurang terasa mantap.

BAKPIA SALATIGA






Add caption

Tingkir Lor, Kacang hijau menjadi bahan penting yang diolah oleh salah satu pelaku usaha makanan olahan dari Tingkir Lor. Usaha yang dirintis sejak lama menggeluti usaha pembuatan bak pia dari kacang hijau. Bak pia Kacang hijau Nura memang dikenal sebagai salah satu bakpia paling enak di Salatiga.
Bakpia produk Nura merupakan makanan yang enak. Berbahan gandum, kacang hijau, dan bumbu lezat, makanan ini dibuat dalam bentuk yang khas. Bundar pipih berwarna putih dengan isi kacang hijau serbuk di dalamnya dan sedikit menguning karena dibuat matang memakai oven. Ada warna coklat di bagian bawahnya sebagai bekas panasnya oven.
Bakpia Nura menggunakan kacang hijau bermutu tinggi, beserta bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat bakpia. Produk bisa didapatkan di warung dan toko di seputar Tingkir dan Salatiga pada umumnya. Rasanya enak dan gurih. Perpaduan antara citarasa kacang hijau, gandum, gula, bumbu dan bisa dirasakan dalam produk pia dalam berbagai kemasan dan ukuran.
Lokasi usaha bakpia Nura mudah dijangkau dengan angkutan kota ataupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat. Terletak di Kawasan Cengek, Tingkir Lor, usaha bakpia ini terus berkembang. Produknya makin diminati di tengah semakin banyaknya produk sejenis baik dari dalam maupun dari luarkota. Namun Nura mudah dikenali karena merek Nura saat ini hanya berasal dari Tingkir Lor.

Kasawan Tingkir Lor yang direncanakan sebagai salah satu desa wisata di Salatiga merupakan peluang bagus bagi pengembangan dan peningkatan produk Nura. Bersama dengan pelaku usaha lain yang tergabung dalam Fedep, para pelaku usaha siap menyambut Tingkir Lor sebagai desa kunjungan wisata. Adalah peluang bagi Nura dan pelaku usaha lain lebih intensif dalam memperkenalkan produk mereka.



Keripik Paru



Hampir seluruh bagian dari sapi dapat diolah menjadi sebuan masakan yang nikmat. Mulai sari daging, hati hingga kulit dapat kita manfaatkan. Begitu pula dengan paru sapi juga dapat dijadikan olahan makanan yang nikmat. Jika makan kripik bayam atau singkong sudah biasa. Amun di Salatiga ada kripik khas yang terbuat dari bahan dasar paru sapi.  Kripik paru memiliki rasa yang sangat nikmat dan renyah. Namun harga kripik ini agak mahal jika disbanding dengan jenis kripik yang lain. Hal ini terjadi karena bahan dasar kripik ini yang sangat unik. 

LINK VIDEO


Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemasaran